Pengertian Multimedia Pembelajaran, Contoh, Fungsi, dan Manfaatnya

Memahami pengertian multimedia pembelajaran dari kamus besar bahasa indonesia, kata "multi-" memiliki arti lebih dari satu (banyak) dan media sendiri adalah sarana komunikasi. Artinya multimedia pembelajaran adalah kombinasi dari beberapa unsur media seperti teks, gambar, audio, grafik, video dan animasi yang digunakan untuk penyampaian pembelajaran.

Smaldino, dkk. (Suryani, dkk. 2018: 195) juga mengartikan multimedia merupakan media yang menggunakan dua unsur atau lebih secara terintegrasi. Dalam praktik penerapanya dapat kita bedakan menjadi dua kategori yaitu linier (satu arah) dan interaktif (dua arah).

Apabila tidak dilengkapi alat kontrol yang bisa dioprasikan oleh pengguna, bisa kita anggap masuk kedalam kategori linier seperti televisi dan film, dalam pengaplikasiannya tidak bisa di kontrol oleh pengguna.

Multimedia Pembelajaran Linier

Sedangkan kategori interaktif dilengkapi dengan alat pengontrol sehingga pengguna dapat mengoprasikan sesuai apa yang di kehendaki untuk proses selanjutnya. Seperti aplikasi game, slide powerpoint yang sudah di program khusus untuk pembelajaran.

Fungsi Multimedia Dalam Pembelajaran

Secara garis besar, multimedia pembelajaran berfungsi sebagai sarana pembantu proses belajar mengajar untuk meraih hasil yang lebih memuaskan.

Misalnya seorang guru yang sedang menjelaskan materi di kelas bisa menggunakan multimedia sebagai alat bantu presentasi. Guru bisa mengombinasikan unsur teks, grafik, gambar, animasi, maupun video sesuai dengan keperluannya.

Perlu kita sadari bahwa manusia memiliki panca indra yang sangat sempurna dan itu lebih dari satu indra, bila pembelajaran melibatkan banyak indra tentunya dapat mempermudah proses belajar peserta didik maupun tingkat keberhasilan guru sebagai pengajar. Selain itu, dalam penggunaan media ini dapat meningkatkan motivasi belajar, waktu akan lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya di kelas, dalam praktiknya multimedia juga berfungsi sebagai pembelajaran mandiri. Hal ini dapat kita lihat melalui aktifitas anak mudah dan orang dewasa yang mengakses smartphone telah menikmati media yang jangkauannya sangat luas seperti media Google, Youtube.

Jadi, antara bisa membantu pembelajaran atau tidak tergantung dari motif pengguna, berbeda dengan aplikasi pembelajaran yang terprogram atau sejenisnya yang di buat secara khusus untuk pendukung pembelajaran.

Manfaat Multimedia Pembelajaran 

Setelah membaca sampai poin ini, tentu secara umum sudah banyak gambaran manfaat yang akan di dapat dari penggunaan multimedia pembelajaran. Ada beberapa rangkuman dari kanspedia terkait hal tersebut:

1. Meningkatkan daya tarik belajar

Perasaan jenuh yang dialami oleh peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan titik terdalam dimana proses transfer ilmu akan terhambat, sehingga peserta didik tidak bisa mengantongi ilmu secara maksimal.

Oleh sebab itu, pemanfaatan kombinasi dari berbagai media pembelajaran yang di kemas semenarik mungkin sesuai kebutuhan dapat meningkatkan daya tarik belajar sehingga memotivasi peserta didik. 

Mengapa demikian? Sebab fakta penggunaan "pembelajaran berbasis multimedia melibatkan hampir semua unsur indara sehingga mempermudah siswa dalam belajar" (Suryani, dkk. 2018: 196).

2. Peserta didik bisa terlibat secara aktif

Dalam praktiknya, multimedi bisa dimanfaatkan untuk memberikan sinyal kepada peserta didik agar berperan aktif, artinya Guru bisa mengondisikan peserta didik untuk terpusat serta turut berperan penuh selama proses berjalan.

3. Memberikan pengalaman nyata

Dalam proses menerangkan muatan pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata) bisa menjadi kongkrit (Nyata) Sebab penggunaan berbagai media ini dapat dilihat, dirasakan, atau diraba.

4. Daya ingat bisa bertahan lama

Masih berhubungan dengan pemberian pengalaman semi nyata yang melibatkan banyak indra seperti penglihatan (mata), suara (lidah), pendengaran (telinga) sehingga peserta didik dapat merangsang muatan yang disampaikan.

Coba pikirkan. Mungkin sobat juga pernah menyaksikan sesuatu kejadian dengan penglihatan dan hingga saat ini masih teringat? seperti itulah manfaat dan tujuan penggunaan mulitimedia.

5. Dapat dipelajari berulang-ulang

Terkhusus poin ini, bila pembelajaran di program khusus berupa video atau sejenis aplikasi belajar tentu bisa dipelajari kembali. Banyak Guru profesional yang memanfaatkan momen ini sebagai penunjang belajar peserta didik secara mandiri.

Sebenarnya masih banyak manfaat atau kegunaan yang belum tertulis, namun dalam halaman ini lebih terfokus pada proses belajar mengajar. Apablia ada pertanyaan, kritik dan saran setelah memahami pengertian multimedia pembelajaran bisa sobat kirim ke contact form kanspedia.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.